Selasa, 12 Februari 2019

TheoReview One Piece Chapter 894




REVIEW ONE PIECE CHAPTER 894: 12.05 AM
By : Lempok Durian
.
Dear nakama ....
.
Ada banyak puisi lahir dengan mengatasnamakan waktu. Ada banyak sumpah terucap dengan mengatasnamakan waktu. Ada banyak perhitungan yang melibatkan besaran waktu. Turunan jarak terhadap waktu kita kenal dengan sebutan kecepatan; turunan kecepatan terhadap waktu kita kenal sebagai percepatan; dan turunan percepatan terhadap waktu kita kenal dengan sebutan “sentakan” (jolt). Maka biarlah aku ter-sentak oleh begitu banyaknya kejutan pada chapter yang mengatasnamakan waktu ini. Chapter 894, 12:05 AM!
.
Ini akan jadi bacaan yang panjang, kusarankan kalian sudah berada dalam kondisi nyaman untuk membacanya. Sepiring kopi dan secangkir keripik pisang mungkin cukup membantu. XD.
.
Oke, let’s begin!
.
===== Cover Story =====
.
Di cover story edisi ke-23, volume ke-26 ini, diperlihatkan arah petualangan Leo sang Kepala Divisi Kelima Straw Hat Pirate selanjutnya. Leo, Bian, dan Kabu mendapat tugas khusus dari Raja Riku untuk mengawal Viola dan Rebecca ke Mariejoa dalam perhelatan Reverie. Hal ini menegaskan betapa baiknya hubungan antara keluarga Riku dengan Ras Tontatta. Hubungan yang sudah terjalin 800-an tahun lamanya. Hubungan yang diawali dengan pembebasan Tontatta dari perbudakan yang sebelumnya dilakukan oleh Keluarga Donquixote, ketika Keluarga Riku berkuasa.
.
“Kami ditugaskan sebagai pengawal untuk Reverie!” Hey, tidakkah kalian melihat ini sebagai sinyal dari Oda? Lagi-lagi Reverie disinggung di sini. 
.
Setengah dari chapter 823 berisi tentang persiapan Reverie. Diceritakan bahwa pada Reverie tahun ini, ada 50 negara yang akan mengikuti Reverie. Kita lihat Cobra dan Vivi dari Arabashta. Cobra dengan agendanya tersendiri—menanyakan soal poneglyph kepada petinggi Pemerintah Dunia. Keluarga Riku akhirnya berkesempatan mengikuti Reverie lagi setelah 2 reverie sebelumnya absen. Ada kerajaan Goa dari Eastblue, yang diwakili oleh King Stelly, adik angkat Sabo. Ada juga Wapol yang mewakili Evil Black Drum Kingdom. Ada undangan untuk Kano Kuni yang kalian tahu sendiri bahwa Kepala Divisi ketiga SHP adalah petinggi angkatan laut negeri itu. Kemudian ada Kerajaan Ryugu yang berniat ikut pada Reverie kali ini dengan proposal migrasi Manusia Ikan ke permukaan laut. Dan jangan lupakan agenda tersendiri dari Admiral Fujitora yang ingin mengajukan proposal penghapusan sistem Sichibukai di Pemerintahan Dunia.
.
Kalian lihat, ada banyak tokoh mayor di perhelatan ini. Ada berbagai motif dan kepentingan juga di sini. Jelas sekali akan ada hal besar yang terjadi di momen itu. Apakah itu? Yah kalian bebas memprediksi bagaimana. Apapun itu, dengan ikutnya Leo dkk ke Reverie, Bajak Laut Topi Jerami akan terlibat pada peristiwa besar ini. 
.
===== Kenbunshoku Haki =====
.
Pembahasan Kenbunshoku masih berlanjut. Ingatan Luffy kembali pada masa-masa latihannya bersama Rayleigh. Kita mendapatkan sedikit gambaran betapa kerasnya Rayleight melatih Luffy selama 1 setengah tahun itu. Ada kemiripan sistem punishment yang dilakukan Rayleight dan Mihawk di sini. Luffy tidak boleh makan malam jika tidak berhasil menghindari serangan Rayleigh sebanyak 100 kali, sama halnya dengan larangan minum sake yang diterima Zoro jika ia tidak berhasil melapisi pedangnya dengan busho yang baik.
.
“Entah bagaimana aku merasakan kemarahan!” 
.
“Itu juga Haki!”
.
Ini mengingatkanku pada kejadian di Dresarosa beberapa waktu yang lalu. Ada suatu adegan ketika Fujitora merasakan tidak adanya kemarahan dari para Penduduk Dressrosa yang memenuhi pelabuhan. Dengan ini, jelaslah bahwa apa yang dilakukan Fujitora saat itu adalah pengaplikasian haki untuk tingkat lebih lanjut. Haki (Kenbunshoku) bisa merasakan kemarahan. Haki kenbunshoku bisa merasakan suara hati (pada Otohime). Haki kenbunshoku bisa melihat sedikit ke masa depan! 
.
Rayleigh bilang, “Di antara orang-orang terkuat di dunia ini, ada mereka yang mampu sekilas melihat ke masa depan!”
.
Hey, dari pernyataan Rayleigh, bisa disimpulkan kalau Rayleigh pernah menemui orang-orang itu, bukan? Lebih jauh lagi, ada beberapa orang yang juga mampu melihat kilasan masa depan seperti layaknya Katakuri. Aku tidak akan terkejut jika orang-orang tersebut adalah Kuzan, Sakazuki, dan para petarung teratas lainnya, seperti yang sudah kujelaskan di review chapter 884.
.
Dan akhirnya Luffy sampai pada tahap melihat potongan masa depan dengan jelas. Gutling Mochi milik Katakuri berhasil dielakkannya dengan baik. Tapi Katakuri merespon dengan baik juga. Aku yakin, di momen ketika diperlihatkan tatapan Katakuri di panel pertama di halaman keenam, Katakuri juga mengaktifkan Kenbunnya. Ia melihat Luffy akan melompat jika ditendang, dan saat itulah timing yang tepat untuk memukul Luffy. Pertarungan antar pengguna Kenbun memang jadi rumit.
.
Masih seputar Kenbunshoku, Rayleigh bilang, “Every attack has an intent! Every attack has an Aura!” Maka jelaslah bahwa Kenbunshoku itu sejatinya mendeteksi intensi/itikad/maksud dan aura dari sesuatu. Pada chapter 650, ketika Luffy, Zoro, dan Sanji merasakan kehadiran Caribou, yang mereka deteksi saat itu adalah intensi Caribou ketika menangkap Shirahosi. Pun ketika Rayleigh merasakan jumlah Binatang buas pada Rusukaina Island, yang ia deteksi adalah intensi dari setiap binatang. 
.
Begitulah cara kerja Kenbunshoku. Menurutku ini jadi menjelaskan kenapa Luffy tidak menyadari kehadiran Pedro di Hutan Perut Kanan Zou (Ch. 805). Berbeda dengan para binatang di Rusukaina, Pedro bisa menyembunyikan aura dan intensinya dari Luffy.
.
===== Tangan Hampa dan Kaki Telanjang =====
.
“Dan berharap pada tangan hampa dan kaki telanjang. Mungkin hancur ragaku namun tanpa buta hati ....”
.
“Oy! Apa hubungannya lirik lagu Tigapagi dengan review ini?”
.
“Yah, lagi rame pembahasan tentang tangan buntungnya Katakuri sih  “
.
Tak ada yang berbeda dari Paramecia Spesial dan Logia selain dari jenis unsur pembentuknya. Unsur Paramecia spesial bukan merupakan unsur yang terdapat di alam, sedangkan unsur pada Logia terdapat di alam. 
.
Di chapter ini diperlihatkan kemampuan Katakuri mengubah tangannya menjadi Mochi, tepat ketika ia menggunakan teknik Grilled Mochi. Ia melepaskan tangan yang sudah menjadi mochi itu, kemudian menghasilkan tangan yang baru. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Kuzan tidak menghasilkan kaki yang baru saja setelah kakinya buntung—seperti yang Katakuri lakukan? 
.
Menurut pemahamanku, Katakuri (dan Smoker) bisa melakukannya karena inti dari tangan mereka tidak hancur pada saat itu. Yang mereka tembakkan pada saat itu adalah mochi dan asap yang telah berbentuk tinju, bukan tangan inti mereka yang berubah menjadi mochi maupun asap. Kita memang tidak tahu bagaimana proses buntungnya kaki Kuzan saat bertarung melawan Sakazuki, tapi aku bisa menyimpulkan kalau yang buntung pada saat itu adalah inti dari kaki Kuzan, sehingga ia tidak bisa menumbuhkannya seperti sedia kala.
.
===== Fire Tank Pirate dan Kejaran BM =====
.
Fire Tank Pirate dengan Notra Castellonya mampu menjaga jarak dari kejaran BMP. Notra Castello sendiri memang kapal yang cepat. Kapal tersebut mampu mencapai Cacao Island dari Whole Cake Island hanya dalam kurun waktu sekitar 5 jam. Mereka tiba di Cacao sekitar pukul 6 sore, sedangkan kerusuhan di WCI dimulai sekitar pukul 12:10 siang (Streusen memunculkan Wedding Cake pada pukul 12:05 siang di ch. 863). Dengan asumsi Bege memulai pelayaran pada pukul 1 siang, maka perjalanan antara WCI-CI menghabiskan waktu sekitar 5 jam.
.
Pada awalnya Bege berencana menaruh Wedding Cake di Liqueur Island, lalu kabur secepatnya. Tapi, Chiffon berpendapat lain. Sebaiknya mereka terus menggiring BM agar lebih jauh lagi dari Cacao Island. Mereka menuju Puffs Island. Pulau yang sepertinya juga merupakan pulau terluar dari lingkaran Totland, sama seperti Cacao. Puffs Island juga merupakan pulau kekuasaan Chiffon, karena di ch. 880 disebutkan kalau Chiffon adalah Minister of Puffs. Dari sini bisa kita lihat betapa totalitasnya Chiffon dalam membantu Nami dkk. Prinsip seorang perempuan, begitulah pengakuannya.
.
Mengenaskan! Begitulah response banyak orang melihat penampilan BM di chapter ini. Big Mom tampak begitu kurus. Tapi, yakinlah bahwa itu tidak akan membuatnya berhenti. Sampai ke neraka pun BM akan terus mengejar Wedding Cake yang ada pada Nostra Castello!
.
Dengan Nostra Castellonya, kita bisa berharap bahwa mereka akan berhasil meloloskan diri dari Totland setelah menaruh Wedding Cake di Puffs Island.
.
===== Charlotte Smoothie =====
.
Akhirnya Sweet Commandan yang satu ini menunjukkan kegarangannya. Serangannya begitu massif, bahkan lebih besar dari Sunny. Mungkin seukuran Nation’s Might milik Big Mom.
.
Diperlihatkan ukuran Smoothie hampir setinggi tiang utama kapal mereka. Dan itu bukanlah ukuran maksimum yang bisa dicapai Smoothie, karena Citron dan Cinnamon bilang bahwa kapal mereka akan tenggelam jika Smoothie berubah menjadi lebih besar dari saat ini. Aku mencoba menerka-nerka bagaimana caranya Smoothie bisa berubah menjadi besar. Dan sampailah ke kesimpulan kalau Smoothie sudah berada pada level awakening DF, di mana DFnya juga merupakan Paramecia Spesial.
.
Ada 2 klu yang menunjukkan kalau Smoothie adalah seorang Paramecia Spesial User. Pertama adegan ketika Smoothie memeras tangannya yang terkena racun Reiju di chapter 869. Saat itu diperlihatkan tangan Smoothie begitu lentur dan mengeluarkan cairan (sepertinya jus). Yang kedua di chapter ini, dari pedangnya yang meneteskan cairan. Boleh jadi itu adalah jus yang berasimilasi dengan pedangnya. Dari kedua scene ini bisa kita simpulkan bahwa Smoothie mampu menjadi Jus.
.
Terkait bagaimana Smoothie mampu memeras Jerapah, batu, dan orang menjadi jus, aku jadi teringat kemampuan spesial milik Crocodile yang mampu menyerap air dari benda-benda sehingga benda tersebut berubah menjadi pasir. Smoothie mampu menghasilkan jus. Maka dari itu, aku berhipotesis Smoothie merupakan Paramecia Spesial yang DFnya telah mencapai awakening.
.
===== Peran Penting si Pengantin Gagal =====
.
Jika tanpa Pudding, Wedding Cake pengganti tidak akan pernah ada. Ya, karena ide gila itu pertama kali muncul dari pikirannya. Jika tanpa Pudding, pembuatan Wedding Cake pengganti itu tidak akan cukup waktu. Perjalanan singkat dari WCI-CI tidak akan terjadi jika tanpa Karpet terbangnya. Pembuatan kue yang steril dari gangguan BMP tidak akan terjadi jika tanpa otoritas Pudding di pabrik kue Cacao Island. Dan kali ini, Pudding akan mengantarkan Sanji menjemput sang kapten tepat pukul 1 malam nanti. Pernah kuprediksi jauh-jauh hari sebelumnya bahwa Pudding akan berperan besar untuk membuka jalan kabur bagi SHP. Ya, karena dia adalah Ray of Hope-nya Sanji.
.
“I will definitely save my captain!”
.
Hampir di semua arc penting, peran Sanji adalah membuka celah untuk keluarnya SHP dari arc tersebut. Kita lihat di arc Little Garden. Sanji adalah orang yang menemukan Eternal Pose Arabashta sehingga SHP bisa keluar dari Little Garden. Di Arabashta, Sanji adalah orang yang mengalahkan Mr. 2 dan menumbuhkan persahabatan dengannya. Persahabatan itu juga yang mendorong Mr. 2 untuk berkorban menjadi umpan agar SHP berhasil lolos dari Hina. Dan di Enies Lobby, Sanji adalah orang yang membuat monitor gerbang keadilan rusak dan tidak bisa ditutup, sehingga SHP tidak terkunci di perairan Enies Lobby.
.
Begitu juga dengan peran terbesar Sanji di arc ini. Perannya adalah membuat Wedding Cake yang merupakan salah satu jalan keluar dari Totland, dan kemudian membawa Luffy kembali ke Sunny. Tentu tidak akan berjalan mulus, sebab di Cacao saat ini sudah berkumpul para petarung tangguh yang tak akan membiarkan Luffy kabur begitu saja.
.
Siapa yang akan menjadi lawan Sanji? Ada Oven, ada Snack, dan mungkin akan ada Daifuku. Siapapun yang akan menjadi lawan Sanji kelak, aku tidak akan kecewa, karena mereka yang ada di sana adalah para petarung level atas dari BMP. Kita akan lihat pertarungan sungguhan orang yang disebut Luffy berkekuatan setara dengan 1000 orang!
.
===== Keluarga Besar Charlotte =====
.
Di SBS vol 85 disebutkan catatan tertinggi kelahiran anak kembar BM adalah kembar 10, saat ini mereka sudah berumur 18 tahun. Dan, wow! Akhirnya mereka diperlihatkan. Mereka adalah putra ke 36-40, dan putri ke 30-34. 
.
Berikut adalah catatan keluarga besar Charlotte setelah kutanya ke Pak Bolot sebagai RT di Totland (masih ada yang kosong sih):
.
Anak laki-laki:
.
1. Perospero
2. Katakuri
3. Daifuku
4. Oven
5. Opera
6. Counter
7. Cadenza
8. Cabellata
9. Gala
10. Cracker
11. 
12.
13.
14.
15. 
16. Moscato
17. Mont-d’Or
18. 
19. 
20.
21.
22.
23.
24.
25. Snack
26. Bavarois
27.
28.
29.
30.
31.
32. Brownies
33. Raisin
34. Mascarpone
35. Yuen
36. Decuplet 1L
37. Decuplet 2L
38. Decuplet 3L
39. Decuplet 4L
40. Decuplet 5L
41.
42.
43.
44.
45.
46.
.
Dan anak perempuannya:
.
1.Compote
2. 
3.
4.
5.
6.
7.
8. Brulee
9.
10.
11.
12.
13.
14. Smoothie
15. Citron
16. Cinnamon
17.
18. Gallate
19.
20.
21. Praline
22. Chiffon (kembar 2 dengan Lola)
23. Lola
24.
25.
26.
27. Joconde
28.
29. Joscarpone
30. Decuplet 1P
31. Decuplet 2P
32. Decuplet 3P
33. Decuplet 4P
34. Decuplet 5P
35. Pudding
36. Flambe
37.
38.
39.
.
Kata Pak Bolot, ada beberapa anak yang sudah diketahui namanya tapi belum diketahui urutannya, seperti Amande, Anana, Dolce, Dragee, Nusstorte, dll, jadi tunggu saja data terbarunya. 
.
===== Usia Pudding dan Beberapa Carlotte Lainnya =====
.
Dari data yang sudah ada, kita bisa menebak usia Pudding, usia Compote, usia Perospero, usia BM ketika menikah, dan usia termuda dari anak BM! Perhatikan baik-baik.
.
Di SBS vol 85 disebutkan bahwa Big Mom saat ini berumur 68 tahun. Ia melahirkan anak setiap tahunnya dalam kurun 42 tahun. Di SBS vol 87 disebutkan bahwa Katakuri berumur 48 tahun. Lalu di chapter 891, Flambe bilang bahwa 38 adik perempuan Katakuri memilihnya sebagai Onii-chan favorit. Artinya, ada 1 saudara perempuan Katakuri yang bukan merupakan adiknya, yaitu Compote. Katakuri adalah anak ketiga BM! Karena BM melahirkan setiap tahunnya, dan usia Katakuri adalah 48 tahun, maka usia Compote adalah 49 tahun, dan usia Perospero adalah 50 tahun.
.
Lalu berapa umur BM ketika menikah? Usia Perospero ditambah 9 bulan adalah tahun ketika BM menikah. Jadi BM menikah sekitar 51 tahun yang lalu. Karena saat ini BM berusia 68 tahun, maka 68 – 51 = 17 tahun! BM menikah di usia 17 tahun. Usia yang cukup muda, bukan?
.
Berapa usia anak bungsu BM? Gampang, usia Perospero dikurangi 42 tahun (rentang waktu BM melahirkan setiap tahunnya). 50 – 42 = 8 tahun!
.
Berapa usia Pudding saat ini? Ingat perkataan Flambe di chapter 891, ia difavoritkan oleh 40 dari 41 orang kakak laki-lakinya. Dengan begitu, putra ke-41 BM lebih tua dari Flambe yang berusia 15 tahun. Di sbs vol 85 tadi disebutkan bahwa Ducaplet (anak kembar 10 BM) saat ini berusia 18 tahun. Ducaplet tersebut adalah Putra ke 36-40 dan Putri ke 30-34. Maka usia Pudding antara 16-17 tahun. Sama sekali tidak ada klu apakah Pudding lebih tua dari Putra ke 41 BM atau lebih muda, tapi aku berspekulasi Pudding lebih tua dibandingkan putra ke-41, maka usia Pudding saat ini adalah 17 tahun, dan putra ke-41 BM berusia 16 tahun.
.
===== Charlotte Snack =====
.
Snack diperkenalkan sebagai putra ke-25 BM, juga merupakan mantan Sweet Commander. Sebelumnya mungkin banyak yang menduga bahwa Sweet Commander adalah anggota BMP yang memiliki bounty terbesar, tapi nyatanya Snack lebih murah dibandingkan Perospero yang berharga 700 juta berry. 
.
Gumaman Snack tentang Worst Generation menunjukkan betapa kesalnya ia terhadap para Worst Generation. Ya, terlebih Snack sendiri berhasil dikalahkan Urouge sebelumnya. Yah, jika Sanji kebagian jatah untuk bertarung dengan Snack, kupikir bukan takdir yang buruk.
.
===== 12:05 AM =====
.
Sadarkah kalian bahwa 12:05 adalah waktu dimulainya acara-acara puncak yang ada di arc ini? Di chapter 863, acara puncak Tea Party dimulai pada pukul 12:05 PM. Ditandai dengan dimunculkannya Wedding Cake oleh Streusen. Dan 12:05 AM adalah acara puncak dari pertarungan antar lelaki—Luffy vs Katakuri. Ya, pertarungan mereka telah memasuki puncaknya. Pertarungan yang sudah berlangsung sekitar 10 jam itu akan menuju babak akhirnya! Ganbatte Captain!
.
===== Gear Fourth ... Snakeman!!! =====
.
Tentu masih segar dalam ingatan kita pertarungan Luffy melawan Doflamingo dan Pertarungan Luffy melawan Cracker. Melawan Doflamingo Luffy menggunakan Gear 4 dalam mode Boundman. Bola yang memantul-mantul. Doflamingo tak berdaya di hadapannya. Lalu Gear 4 dalam mode Tankman ketika Luffy mengalahkan Cracker. Mode yang sukses menahan tusukan pedang Crecker, bahkan mampu menyerap dan melontarkan Cracker hingga beberapa kilo meter! Variasi gear 4 ternyata masih sangat berguna, dan mungkin masih ada yang lain.
.
Kali ini Luffy dengan jelas menyebutkan bahwa ia akan berubah dalam mode Snake-man. Pasti banyak yang penasaran akan jadi seperti apa mode ini nantinya. Yah, pendekatan untuk menebaknya mungkin bisa kita lihat di 2 scene di 2 chapter ini: chapter 639, dan chapter 784. 
.
Pertama snake shot. Snake shot berupa serangan yang berpusat pada tangan dengan gerakan yang lentur dan mampu meliuk-liuk. Sedangkan Python Calvary Cannon adalah serangan yang bertumpu pada tangan, kaku, tapi bisa meliuk ke sana ke mari. Karena itu, aku memprediksi bahwa serangan-serangan Luffy pada mode ini akan mirip dengan 2 serangan di atas, mampu meliuk-liuk ke berbagai arah. Ini serangan yang cocok untuk dikombinasikan dengan haki kenbunshoku tingkat tinggi tentunya.
.
Untuk bentuk Luffy pada mode ini jangan berharap akan keren, ya. Wkwkwk. Mungkin tangan dan kaki luffy akan tampak panjang dari ukuran normal, sedangkan perutnya akan menjadi pusat massa dari tubuhnya (bagian perut akan membesar).
.
Lalu bagaimana dengan Katakuri? Aku ragu jika Katakuri tidak melakukan sesuatu di momen ini. Sama seperti Doflamingo di Dressrosa yang mengeluarkan kemampuan maksimalnya terkait Awakening DF, aku yakin Katakuri akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya juga nanti. Entah apakah masih seputar awakening atau malah mode tandingan! Mengingat gear 3 Luffy berhasil dicopy-nya dengan sempurna. 
.
==================================
.
END

Baca Review lainnya disini >>> disini
Sumber : OPFCI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar