Rabu, 05 Juni 2019

TheoReview One Piece Chapter 924

Review One Piece Chapter 924

By : Calgara


Halo sobat OPFCI yang semoga senantiasa diberi kesehatan dan umur panjang. Bersama dengan Calgara di sini dalam review one piece chapter 924. Chapter yang ringkas. Berisi konklusi dari duel singkat antara Yonkou Kaido dan Luffy yang kita tahu begitu timpang.
●Strongest Enemy
Luffy tergeletak di sana, tak sadarkan diri setelah terkena satu kali hantaman kanabo ( senjata yang umumnya digunakan oleh mahluk Oni dalam mitologi jepang) tepat di kepalanya. Tumbang dalam satu kali pukul tentu hal baru yang kalian jumpai dari diri Luffy yang selama ini punya tekad luar biasa untuk bangkit dalam setiap serangan yang ia terima dari musuh musuhnya. Tapi agaknya Oda ingin makin memperjelas perbedaan antara tiap lawan yang Luffy jumpai dengan Kaido, seorang pria yang dikatakan mahluk terkuat di dunia. Luffy memang seringkali tumbang saat pertama kali berhadapan dengan lawan lawan yang tangguh, tapi tidak dengan sekali pukul. Kaido benar benar lawan yang berada di level yang berbeda. Aku jadi ingat betapa tak berdayanya Luffy saat melawan Kuzan pasca turun dari pulau langit. Sensasinya serupa. Perbedaan mereka kala itu juga seperti bumi dan langit. Kini Luffy tlah jadi bajak laut yang jauh jauh lebih kuat daripada waktu itu, tapi dengan Kaido sebagai lawannya, perbedaan keduanya juga seperti bumi dan langit.
● Unbreakable Spirit
Tak sadarkan diri, jika dilihat dari kacamata normal. Secara fisik, Luffy memang pingsan. Itu ditandai dengan matanya yang memutih. Salah satu trademark Oda ketika ingin menunjukkan seseorang yang tak sadarkan diri karena menerima guncangan pada tubuhnya dengan sangat keras secara tiba tiba. Tapi sensitifitas seorang Kaido berkata lain. Ia merasa Luffy sedari tadi terus menatap tajam ke arahnya dengan tekad bertarung yang besar. Bisa jadi karena faktor alkohol. Tapi ku rasa lebih dari alasan itu. Kaido memiliki kepekaan yang berada di atas manusia normal, itu jika memang ia manusia. Dengan kepekaan nya itu, ia mampu menangkap apa yang tak tertangkap mata. Kaido memang selalu ditampakkan sebagai seseorang yang sangat emosional. Perubahan emosinya kala mabuk itu luar biasa. Dan semuanya tak pernah setengah setengah. Ketika ia sedih, Ia tak akan menahan diri untuk menangis hingga air matanya berleleran. Ketika Ia marah, kemarahannya pun sulit teredam begitu saja. Ketika ia sedang berbahagia, kurasa tak akan kalah ekspresifnya. Kaido punya sisi emosional seperti layaknya anak anak. Begitu jujur dan ekspresif tanpa perlu menahan nahannya karena alasan yang biasanya orang dewasa miiliki. Kepekaannya itu pun juga berasal dari kemurnian emosinya.
“Ia masih bernafas?”
Ucapan dari anak buah Kaido yang hendak mendekati Luffy. Dari sana kita ketahui, tetap hidup setelah menerima pukulan dari Kanabo Kaido adalah hal yang jarang mereka temukan. Kaido sering memukul anak buahnya ketika marah dan itu sering kali menyebabkan hilangnya nyawa mereka. Jadi wajar mereka cukup kaget mendapati Luffy masih hidup. Tampaknya mereka masih saja menganggap remeh Luffy meski telah menyaksikan langsung pertarungannya dengan Kaido. Namun tidak demikian dengan Kaido. Ia sangat percaya Luffy mampu bertahan hidup setelah menerima pukulannya. Tak ada indikasi Kaido sengaja menahan ukekuatan serangannya kala itu. Jadi dari sana pun, Kaido sudah mengakui kapasitas yang dimiliki Luffy. Komentarnya yang menginginkan Luffy bekerja di bawah perintahnya dan menjadi bawahan yang tangguh tak lebih dari penegasan akan pengakuannya. Tak banyak kurasa lawan yang membuatnya tergeletak meski tak mendapat luka berarti sekalipun. Namun jelas, Kaido pun merasakan sendiri lewat tubuhnya kapasitas seorang Luffy.
Hal yang tak terduga terjadi. Beberapa anak buah Kaido pingsan karena hembusan Haoshoku haki Luffy meski ia berada dalam kondisi tak sadarkan diri. Menandakan perasaan Kaido benar jika Luffy masih memancarkan utekad untuk bertarung meski tubuhnya tak lagi bisa digerakkan. Lewat kejadian ini, 2 orang karakter lainnya terkonfirmasi memiliki haoshoku haki. Kaido menyebut nama Kid sementara Shutenmaru alias Ashura Doji sesuai dengan analisaku kemarin menyebut nama Oden.
● Kairoseki
Law yang berniat membawa kabur Luffy pasca ditinggal Kaido pun mendapat hadangan dari Hawkins. Kali ini Hawkins datang dengan persiapan lebih baik untuk menghadapi seorang dfu yang sekaliber dirinya. Kairoseki atau yang berarti batu laut adalah senjata yang paling efisien. Dan yang ia gunakan adalah batu laut dalam bentuk paku berukuran kecil. Sesuatu yang bahkan tak pernah Law tau eksistensinya sebelumnya. Memaksa Law untuk mundur sementara waktu dan gagal membawa Luffy. Yang menarik di sini adalah pernyataan yang Hawkins lontarkan tentang batu laut di chapter ini. Mengutip dari ucapannya, Batu laut yang tersebar di seluruh dunia berasal dari Wano Kuni dan hanya seniman Wano yang mampu membentuknya jadi beragam bentuk dan ukuran, termasuk seukuran paku sekalipun. Tak ada perbedaan makna baik dari penerjemah Jaiminisbox ataupun Mangastream. Hanya menggunakan frasa yang berbeda tanpa perbedaan makna berarti.
Mari kita mengulas sedikit tentang batu laut ini. Batu laut dimunculkan pertama kali di chapter 100 yaitu saat Smoker menangkap Buggy dkk di Logue Town menggunakan jaring yang terbuat dari batu laut yang mana membuat dfu melemas dan tak bisa mengaktifkan ability nya. Setelah itu kita menjumpai beragam bentuk dari batu laut. Peluru, rantai, tombak, borgol serta yang paling unik sejauh ini adalah batu laut yang digunakan Wiper. Dan besar kemungkinan, Di Wano kita akan menjumpai beragam bentuk senjata beragam ukuran dari batu laut. Tentu saja senjata senjata yang tak jauh dari kebudayaan Wano itu sendiri. Jarum, kunai, shuriken atau bahkan pedang mungkin? Kemungkinan itu kini terbuka lebar sejak Hawkins melontarkan statemen itu.
Sedikit mengingatkan kembali tentang karakteristik unik yang dimiliki batu laut. Batu laut sejauh ini dikatakan sebagai salah satu materi paling keras di dunia OP. Bersanding dengan materi pembentuk Poneglyph serta berlian yang kita tahu memang benda terkeras di dunia nyata. Inilah mengapa Doffy menggunakan rantai batu laut untuk menjerat kaki Kyros yang Doffy yakini punya kekuatan yang cukup untuk memotong rantai besi dengan ayunan pedangnya. Pabrik smile pun dilapisi oleh batu laut. Dan kini kita tahu dari mana batu laut dalam jumlah besar itu Doffy dapat. Dari Wanokuni via Kaido.
Batu laut punya kemampuan memancarkan gelombang energi yang menyerupai lautan itu sendiri sehingga pihak Pemerintah dunia menggunakannya pada lambung lambung kapal mereka termasuk pada kapal perang marinir guna menyeberangi Calm belt yang dikenal sebagai sarang Seaking. Gelombang yang dikeluarkan batu laut membuat kapal kapal marinir itu tak dianggap objek asing bagi para Seaking sehingga tak akan menyerang kapal kapal mereka.
Dan yang terakhir, kemampuan unik yang dimiliki batu laut. Kemampuan untuk menyerap stamina dfu berkali kali lipat lebih kuat dari air laut hingga melemas dan tak mampu menggunakan abilitynya. Batu laut seolah benar benar mampu merubah DFU menjadi manusia normal namun sebenarnya hanya menyerap tenaga DFU hingga tak bisa lagi menggunakan abilitynya. Jadi sifatnya memang benar benar melumpuhkan DFU sepenuhnya. Berbeda dengan busou haki yang hanya menyentuh tubuh asli DFU tanpa melumpuhkan ability mereka.
Selama ini kita berpikir jika batu laut berasal dari dasar lautan di seluruh dunia karena sifatnya yang serupa air laut, namun pernyataan Hawkins ini tentu saja jadi hal yang tak pernah kita duga. Tak menutup kemungkinan materi pembentuk kubus kubus Poneglyph juga berasal dari tanah Wano. Satu pertanyaan muncul, bagaimana Kairoseki tersebar ke seluruh dunia ? Sederhana, dulu, dulu sekali Wano bukan negeri tertutup. Kairoseki yang dikenal dengan tingkat kekerasannya yang tinggi tentu jadi komoditas dagang yang cukup diminati negara lain. Entah itu dalam bentuk mentah ataupun dalam wujud barang yang telah dibentuk sedemikian rupa. Namun setelah Wano kuni menutup diri, Kairoseki jadi komoditas yang langka di dunia dan tentu saja karena kegunaannya yang luar biasa sebagai pelumpuh DFU, WG memonopoli sebagian besar kepemilikan Kairoseki yang tersisa di dunia. Meski demikian tentu saja tak semuanya bisa di akuisisi WG.
Poneglyph bukan terbuat dari Kairoseki karena tak memiliki efek apapun bagi DFU. Jika materi pembentuk Pone lagi lagi ditambang dari Wano kuni, ini menandakan Wano kuni adalah negeri yang kaya akan mineral alam berkualitas tinggi. Selain kedua materi tersebut, jenis baja khusus Liquore/ Sake iron kuat dugaan yang ada pada senjata senjata api di Dressrosa ditambang dari Wano kuni.
● HUH ?
Berita pertarungan Luffy melawan Kaido tersebar ke seluruh Wano kuni lewat laman ekstra surat kabar lokal. Tak terkecuali di ibukota Wano kuni, Flower Capital. Tentu saja berita ini juga sampai pada anggota SHP yang sedang menjalankan misinya masing masing di kota bunga. Luffy memang selalu melakukan hal hal tak terduga. Bagi mereka yang telah jadi bagian dari SHP, hal hal yang Luffy lakukan mungkin sudah jadi hal yang wajar bagi mereka. Namun tindakannya kali ini benar benar tak pernah dibayangkan sebelumnya bahkan bagi mereka yang familiar dengan sifat Luffy. Dan ekspresi keterkejutan mereka digambarkan Oda dengan benar benar penuh totalitas. Bahkan bisa dikatakan cukup kejam karena tak hanya Franky, Usopp dan Zoro, tapi Robin yang kita kenal paling tenang bahkan cenderung dingin karena paling minim ekspresi pun digambarkan dengan wajah yang jujur bikin aku spontan tertawa.
Sejak timeskip, Robin memang jadi lebih sering digambarkan ikut menunjukkan ekspresi kaget dengan mulut terbuka lebar bersama shp lainnya di momen momen tertentu. Itu bisa dikatakan sebagai indikasi jika Robin telah membuka dirinya sepenuh hati pada orang lain dalam hal ini, SHP. Namun tetap saja, ekspresinya di chapter ini benar benar keterlaluan bagi ku pribadi. Bahkan aku cukup yakinjika para fans Robin tak akan pernah bisa menerima scene ini dan berusaha mati matian melupakannya. Ekspresi yang benar benar merusak image Robin di mata para fansnya XD.
● Udon City
Luffy dibawa di sebuah kota industri dimana terdapat banyak pabrik pabrik pengolahan baja yang tentu saja dilakukan secara manual. Aku berasumsi jika pabrik pabrik di Wano adalah pabrik pengolahan baja khusus yang disebut Liquore/ sake iron hingga setengah jadi setelah ditambang di tempat tempat penambangan khusus di Wano kuni. Dalam dunia industri, jadi hal yang wajar jika sebuah produk dikerjakan oleh beberapa pabrik yang berbeda di tempat yang berbeda. Contohnya pabrik garmen. Satu buah pakaian jadi siap pakai perlu melewati beberapa proses. Dari pabrik pembuatan benang kemudian benang benang itu dibawa ke pabrik pemintalan untuk dibentuk menjadi kain. Kain itu nanti di kirim ke pabrik penjahitan sehingga jadi pakaian. Bahkan terkadang proses pewarnaan dan pencetakan motif dikerjakan di pabrik yang berbeda pula.
Jadi kurasa pabrik pabrik di Wano kuni adalah pabrik pengolahan baja khusus sehingga jadi material yang siap bentuk dan kemudian di kirim keluar Wano untuk dibuat menjadi senjata api yang sama dengan yang ditelan Caribou yang kurasa jumlahnya cukup banyak.
Di dalam sana terdapat beberapa ruang yang dijadikan sel tahanan bagi mereka yang menolak bekerja di bawah Kaido. Para tahanan itu nantinya akan terus disiksa hingga semangatnya untuk memberontak hilang dan mau bekerja di bawah Kaido. Sebuah ruang tahanan yang gelap digambarkan disana. Salah satu anak buah Kaido memberikannya makanan seekor ikan beracun tiap harinya dengan catatan tulangnya harus dibuang terlebih dahulu. Namun ia tak melakukannya karena berpikir itu merepotkan dan terlalu istimewa untuk seorang tahanan. Namun setelah tulang ikan itu terbang dari dalam sel dan secara akurat menancap pada leher salah satu anak buah Kaido, maka jelaslah alasan mengapa tulang ikan tersebut harus dibuang terlebih dahulu.
Siapakah ia ?
Mencoba menganalisa identitasnya kini tentu jadi hal yang bersifat spekulatif. Tebak tebak buah manggis. Clue nya, ia orang yang cukup kuat sehingga Kaido memilih menahannya dengan harapan suatu hari ia mau bekerja di bawah Kaido. Kurasa tangan dan kaki nya terikat. Namun hanya dengan semburan dari mulutnya, tulang ikan itu mampu menancap cukup dalam di leher anak buah Kaido. Anehnya tak ada satu pun dari mereka yang tahu identitas tahanan tersebut. Jadi hal yang cukup aneh, mengingat harusnya mereka yang memasukkan nya dalam sel tersebut. Kecuali jika ia sudah berada disana selama bertahun tahun. 20 tahun yang lalu misalnya, tepat setelah tumbangnya kastil Oden. Maka wajar jika mereka para penjaga disana tak mengenal identitas tahanan tersebut.
Siapa? 1 dari 3 samurai yang disebut Kinemon beberapa chapter silam dimana Ashura Doji merupakan salah satunya? Itu kemungkinan yang paling besar saat ini. Namum entah mengapa aku merasakan aura yang berbeda pada tahanan tersebut. Aura yang lebih kuat daripada kemunculan seorang Ashura Doji. Kebenciannya begitu kuat mengakar pada Kaido pirates sehingga apapun yang bisa ia lemparkan bahkan meski hanya dengan mulutnya, akan ia gunakan untuk menyerang Kaido Pirates. Dan itu tampaknya sudah terjadi berulang kali sehingga memberi ikan beracun tanpa tulang sudah seperti aturan tak tertulis disana. Bagaimana jika tahanan itu ternyata Oden ? Oh tewasnya Oden sebenarnya tak terkonfirmasi oleh abdi Oden manapun. Inu, Neko serta abdi Oden lain berlari menuju kastil setelah mendengar pesan terakhir Oden. Ada perdebatan antara Inu dan Neko dalam perjalanan mereka menuju kastil. Neko kurasa bersikukuh tetap berada disana berusaha menyelamatkan majikannya sementara Inu memutuskan memenuhi amanat majikannya meski keduanya tak pernah sampai ke kastil. Itu artinya saat mereka pergi meninggalkan arena eksekusi, Oden masih hidup.
Dan setelah melihat kebiasaan Kaido untuk memilih menahan orang orang yang dianggap kuat agar suatu saat mau bergabung dengannya, seperti Kid dan Luffy, mengeksekusi Oden jadi hal yang cukup tak masuk akal. Oden tak hanya kuat, bahkan lebih kuat dari Ashura Doji tapi ia orang yang mampu membaca Pone dan tahu tentang rahasia dunia. Oden terlalu berharga untuk dibunuh. Kurasa semua telah direncanakan Kaido sedari awal. Untuk menyenangkan sekaligus menenangkan Orochi, Ia pura pura membuat panggung eksekusi Oden dengan merebusnya tapi ia mengelabui Orochi dan membiarkan Oden hidup dan disembunyikan dalam tahanan di kota Udon. Tempat dimana Orochi tak akan menjejakkan kakinya. Tapi yah, itu analisa subjektifku. Tapi ku harap Oden memang masih hidup dan jadi orang yang memberi jalan yang lebih terang untuk perjalanan Luffy selanjutnya. Serial ini harus segera menemukan titik klimaksnya tanpa perlu lagi lari berputar putar di sekitar benang merahnya.
Di jebloskannya Luffy ke dalam ruang tahanan di sebelah Kid menjadi takdir yang unik bagi keduanya. Setelah pertemuan mereka yang pertama dan terakhir kali terjadi di rumah lelang Sabaody di groove 1, 2 tahun yang lalu. 2 orang worst generation dengan kualitas menjadi penguasa berada dalam satu sel yang bersebelahan sebagai pesakitan. Namun, sinar tekad di mata mereka jauh dari kata padam. Bahlan mungkin berkobar lebih besar dan memanaskan arc ini kedepannya.
Lagi lagi Oda keluar dari pola yang biasa ia gunakan dalam membangun arc sebelum timeskip. Aku jujur awalnya tak menyangka awal arc wano memiliki pace yang begitu cepat tanpa ada indikasi melambat sejak tibanya Luffy di Kota Okobore dan Bakura. Namun dengan memberikan pernyataan bagian 1 pertama dari arc ini telah selesai, itu seperti mengerem mendadak setelah melaju dengan kecepatan penuh.
Amat berbeda dengan arc arc sebelumnya yang bergerak lambat di awal kemudian makin cepat hingga klimaks kemudian melambat secara perlahan. Pola yang sebenarnya terakhir kita lihat di Dressrosa. Apa maksud Oda membagi bagi arc ini dalam beberapa bagian ? Untuk beralih ke tempat lain di luar Wano yang nantinya akan bermuara pada grand arc Wano kuni ini? Cukup logis kurasa. Arc Whole Cake dengan ending menggantung dimana Jinbe serta Germa tak diketahui nasibnya. Reverie yang meninggalkan sejuta tanya setelah tamu yang paling tak terduga datang menemui 5 tetua. Atau kini saatnya Ke 7 bajak laut yang megumumkan secara sepihak sebagai bagian dari SHP Grand Fleet untuk unjuk gigi? Yang manapun itu, akan jadi kepingan pelengkap arc Wanokuni yang Oda janjikan berlangsung mewah. Kita nantikan saja. Sampai jumpa 2 minggu lagi.
Kelewatan? Oh Juku juku no jutsu milik Shinobu? Sudah jelas itu df ability. Abilitu yang mampu menuakan objek. Jika pernah nonton movie Z, maka sadar jika konsep df nya sama dengan milik Ain hanya saja kebalikannya. Dan tak seperti modo modo yang mempengaruhi apapun termasuk mahluk hidup, Juku juku hanya berpengaruh pada “ things” yang kurasa mengacu pada benda mati.

Thanks to OPFCI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar