Rabu, 05 Juni 2019

TheoReview One Piece Chapter 892

REVIEW ONE PIECE CHAPTER 892

Recognised As Strong Opponents





By Lempok Durian

.

Dear nakama ....
.
Diakui sebagai sosok yang tangguh memang menyenangkan, tapi lain soal jika kondisinya adalah kau diakui sebagai musuh yang kuat lalu diburu habis-habisan oleh sebuah Negara besar di dalam territorial mereka. Ada ratusan kapal di belakangmu. Ada ratusan kapal yang menantimu di tempat yang akan kau tuju. Celakanya lagi, kau terpisah dari kaptenmu yang entah kapan, di mana, dan bagaimana caranya ia sampai di tempat yang kalian janjikan. Sungguh situasi yang sulit, bukan?
.
Betapa sulitnya kabur dari kejaran Yonko beserta armadanya berkali-kali diperlihatkan Oda dalam cerita dengan menempatkan Kelompok Topi Jerami pada kondisi terdesak yang nyaris tanpa jalan keluar. Benar-benar berulang kali! Ingatlah situasi terkepung Kelompok Topi Jerami, Fire Tank Pirate, dan Vinsmoke Family di puncak kastil Whole Cake. Ingatlah situasi terkuncinya pergerakan Sunny di pantai barat daya WCI. Ingatlah ketika tsunami setinggi puluhan meter yang dihasilkan monster ciptaan Perospero berada tepat di belakang Sunny. Lalu jangan lupakan situasi paling berbahaya yang pernah ada di Sunny, Big Mom mendarat di geladak Sunny! Satu per satu berhasil dilalui. Tak semuanya mulus, ada yang membutuhkan pengorbanan seorang teman. Pedro, Sang Guardian dari ras Mink.
.
Aku bisa mengerti banyak pembaca yang akhirnya bosan dengan pola yang seperti itu—terdesak kemudian lolos berkali-kali—tapi mari pertimbangkan sebuah level yang bernama Yonko, maka pola itu akan menjadi sebuah hal yang wajar. Di satu sisi, petualangan Luffy harus terus berlanjut, karena itu ia harus berhasil keluar dari WCI. Di sisi lain, lawan yang mereka hadapi saat ini adalah Yonko. Akan menjatuhkan derajat Yonko jika Kelompok Topi Jerami bisa kabur dengan mudahnya. Dalam hal ini, aku memilih untuk menikmati proses terdesak dan lolosnya Kelompok Topi Jerami dari situasi-situasi sulit yang dihadirkan Big Mom dan armadanya.
.
Sebelum masuk pada review chapter ini, aku perlu meluruskan apa yang keliru pada reviewku sebelumnya. Di review sebelumnya, dengan bereferensi pada skanlasi illegal, kukatakan kalau Charlotte Flambe adalah putri ke-33 Big Mom, ternyata kemudian Oda merevisinya, bahwa Flambe adalah putri ke-36 Big Mom.
.
Oke, mari kita mulai pembahasannya.
.
===== Cover Story =====
.
Ini adalah volume ke-24 dari cover story edisi ke-23. Cover yang menggambarkan tampak depan dari kapal Divisi Kelima Armada Bajak Laut Topi Jerami, sebuah pola yang kontinyu digunakan Oda sejak penceritaan Divisi Pertama. 
.
Eeeh? Kalian melihat sesuatu yang mencolok di sini? Well, well, kali ini kita diperlihatkan lagi ekspresi legendaris itu. Ekspresi yang menyelamatkan ribuan orang dari kutukan Hobi-hobi. Ekspresi kepedasan God Usopp! Sebuah kehormatan bagi Usopp dipahat dengan elok di haluan kapal Divisi Kelima Armada Bajak Laut Topi Jerami. Kapal yang bagus. Penuh dengan tumbuhan di deknya. Sebuah pemandangan yang lazim mengingat Ras Tontatta adalah ras yang ahli dalam hal botani.
.
Dressrosa menghadiahi Kelompok Leo sebuah kapal. Bagi manusia, ukuran itu kecil, tapi tentu saja bagi Ras Tontatta kapal itu berukuran sangat besar. Sepengamatanku, kapal ini kira-kira seukuran dengan Kapal Koki Sanji yang ia gunakan ketika membawa Luffy dari Baratie ke Desa Kokoyashi. Sepertinya mereka akan berlayar jauh dari Dressrosa. Semoga petualangan mereka seru dan menegangkan!
.
===== Air Mata Nami =====
.
86 chapter yang lalu (ch. 806), Nami memeluk Luffy di Zou. Ia menangisi kepergian Sanji. Lalu di chapter ini ia kembali menangis dan memeluk Sanji. Ada perbedaan di antara keduanya. Yang satu mengandung kesedihan karena takut kehilangan, yang satunya lagi mengandung perasaan haru dan bahagia. Melihat ekspresi yang seimut itu, tentu saja kita semua bias menebaknya, si Panutan Para Pria itu kesengangan dan bilang, “I love you too, Nami-san!” Untungnya Pudding tidak sedang kumat. XD
.
Dari scene ini, kuharap para pendukung roman Luffy-Nami, sebaiknya menyerah saja. Jodoh Luffy itu nantinya bukan tokoh yang menonjol (meskipun menonjol). 
.
===== Tim Sunny =====
.
Pasangan Mimisan telah mendarat di Sunny. Dengan begitu, di Sunny saat ini ada Sanji, Pudding, Nami, Brook, Chopper, Jinbei, Carrot, dan Pedro. Err, maksudku semangatnya Pedro! Sanji memang salah satu sayap yang menopang Luffy di Kelompok Topi Jerami. Sosok yang memastikan kestabilan arah terbang Kelompok Topi Jerami. Salah satu parameter kestabilan tersebut adalah kelengkapan para nakama. Lihatlah, yang pertama kali ia tanyakan ketika tiba di Sunny adalah kondisi setiap orang yang ia tinggalkan di Sunny. Soal Luffy yang sedang berada di dunia cermin tentu saja sudah ia ketahui dari pengumuman BMP ketika di Cacao Island. Di antara para awak yang ia tinggalkan di pantai barat daya WCI, hanya Pedro dan Carrot yang tidak terlihat.
.
Brook merespon dengan baik di sini. Mengatakan kalau Pedro dan Carrot sedang beristirahat di dalam kapal adalah tindakan yang tepat. Ya, pada situasi yang seterdesak ini, memberi tahu Sanji bahwa Pedro mengorbankan diri agar Tim Sunny bias lolos adalah pilihan yang riskan. Memecah konsentrasi! Mereka harus benar-benar berada dalam situasi yang stabil untuk membicarakan perihal Pedro. Secara tidak langsung, harga yang dibayar oleh Aliansi Topi Jerami dan Minks untuk mendapatkan Sanji adalah kehilangan Pedro. Harga yang sangat besar.
.
Jinbei dengan rasa tanggung jawabnya yang besar sedikit menyesali kerusakan yang dialami Sunny, meskipun ia berada di sana. Penyesalan yang tidak seharusnya menurutku. Jika tanpa Jinbei, situasi check mate yang dialami Sunny sebelumnya tentu tidak akan berhasil dilalui. Untuk saat ini, Tim Sunny bisa cukup lega, karena ada penambahan awak yang bisa diandalkan saat ini. Selain itu, Pengejaran BMP juga tidak seketat sebelumnya, di mana Big Mom sendiri yang memburu mereka.
.
===== Sweet Commander Smoothie =====
.
Smoothie adalah orang yang bertanggung jawab menggiring Sunny ke Cacao Island. Ia bersama kedua saudari kembarnya siap untuk menyulitkan perjalanan tim Sunny. Cukup ironis melihat Smoothie yang seorang Komandan Manis diperintah oleh Perospero yang bukan seorang Komandan Manis. Akh, lawan yang tidak matching. Padahal aku berharap akan ada pertarungan yang hebat antara Sanji dan salah satu pentolan BMP. Sayangnya yang mengejar Sunny kali ini adalah para perempuan.
.
Di chapter ini diperkenalkan secara resmi Citron dan Cinnamon, dua saudari kembar Smoothie. Sebenarnya ini bukanlah penampilan perdana mereka, karena mereka sudah diperlihatkan selama berlangsungnya Tea Party (860-869). Cinnamon tergabung dalam tim pengeksekusi Vinsmoke Familly. 
.
Karena sudah diperkenalkan secara resmi, aku ingin mengupdate catatan urutan kelahiran anak perempuan Big Mom. Berikut catatanku:
.
1.Compote
2. 
3.
4.
5.
6.
7.
8. Brulee
9.
10.
11.
12.
13.
14. Smoothie (kembar tiga dengan Citron dan Cinnamon)
15. Citron
16. Cinnamon
17.
18. Gallate
19.
20.
21. Praline
22. Chiffon (kembar 2 dengan Lola)
23. Lola
24.
25.
26.
27.
28.
29. Joscarpone
30.
31.
32.
33. 
34.
35. Pudding
36. Flambe
37.
38.
39. 
.
Soal keturunan, tidak perlu diragukan lagi, di dalam tubuh Smoothie, Citron dan Cinnamon mengalir darah ras kaki panjang. Untuk penamaan karakter, ketiganya mengacu pada makanan/minuman yang berbeda jenis. Smoothie sang putri keempat belas adalah terminology untuk jus (olahan dari buah), Citron sang putri kelima belas adalah terminology untuk salah satu jenis jeruk, dan Cinnamon sang putri keenam belas adalah terminology untuk salah satu jenis rempah-rempah. 
.
Aku curiga di tengah perjalanan mereka nanti, mereka akan mengangkut Daifuku yang sepertinya kesal karena kemudi kapal armadanya dihancurkan oleh Carrot. Jika Daifuku ikut tim yang mengejar Sunny, tentu pertarungan antara Sanji dan Daifuku selanjutnya bisa direalisasikan.
.
===== Menerobos Cacao Island =====
.
“Satu-satunya rencana yang terpikir olehku hanyalah menerobos Pulau Cacao,” ungkap Sanji.
.
Rencana yang gila, karena di Cacao sudah menanti ratusan kapal Big Mom. Ada Oven yang bisa mendidihkan sekian hektar lautan juga di sana. Tapi, pasti akan ada jalan nantinya. Keberadaan Pudding di Sunny bisa sangat membantu, bukan? Rabiyan Super Expressnya bisa digunakan untuk menerobos kerumunan BMP. Tentu saja syarat utamanya adalah Luffy harus sudah keluar dari dunia cermin. Penerobosan itu mungkin tidak berjalan mulus, pentolan seperti Oven, Smoothie, Daifuku, dll mungkin harus tetap dihadapi. Tapi, karpet terbangnya Pudding cukup membantu untuk melewati sekian banyak BMP lainnya.
.
Dari sini bisa kita simpulkan akan terjadi pertarungan besar di Cacao Island nanti. Peran Germa 66 dan Sun Pirates tentu sangat diperlukan di pertarungan tersebut. Caesar? Hm… kupikir ia juga akan muncul di sini. Ia yang kemungkinan bersembunyi di kapal Germa 66 terpaksa ikut terlibat dalam aksi Germa di Totland.
.
Waktu saat ini adalah 10 menit sebelum pukul 10 malam. Itu terlihat dari satu-satunya cermin yang akan tetap dibiarkan utuh di Cacao Island. Artinya, sekitar 3 jam sebelum waktu perjanjian antara Luffy dengan tim Sunny. Oven sendiri yang menjaga cermin itu. Bisa disimpulkan kalau Oven nantinya kan berhadapan dengan seseorang. Entah itu Jinbei, Sanji, atau salah satu dari Vinsmoke Family. Tentu akan menjadi pertarungan yang seru.
.
===== Wedding Cake dan Fire Tank Pirate =====
.
Wedding Cake diserahkan kepada Bege. Sesuai rencana, mereka akan membiarkan Big Mom memakan Wedding Cake tanpa menyusupkan racun sedikitpun. Tapi, setelahnya mereka akan mengeksekusi Big Mom. Rencana yang kuragukan keberhasilannya. Wedding Cake akan membuat Big Mom berhenti, tapi serangan FTP kuyakin tidak akan membunuh Big Mom.
.
Kesiapan Chiffon untuk mengalihkan perhatian Big Mom dari Sunny patut diapresiasi. Yah, walaupun ada atau tidaknya Kelompok Topi Jerami, mereka juga harus siap menghadapi situasi ini setelah merencanakan pembunuhan terhadap Big Mom. Harapanku, semoga FTP juga berhasil keluar dari Totland. 
.
===== Musuh yang Kuat =====
.
Katakuri menyadari bahwa level Kenbun Luffy mulai setara dengannya. Mempelajari dasar haki kepada ahlinya (Rayleigh) membuat Luffy mencapai kemajuan yang sebesar ini. Katakuri harus menghabisi Luffy secepatnya, meskipun pertarungan mereka tidak lagi merupakan duel satu lawan satu seperti kesepakatan mereka sebelumnya. Ada bantuan Flambe di sini. Sebuah tembakan yang menembus paha Luffy membuat Luffy sedikit terlambat bereaksi terhadap serangan Katakuri.
.
Mochi Thrust, Rasengan versi tombak! Serangan itu masuk ke perut bagian samping Luffy. Menyakitkan, tapi jangan harap bisa menghentikan Luffy yang sudah bertekat menang. Lihat saja, beberapa chapter lagi, Luffy akan membalikkan keadaan, karena dia adalah musuh yang kuat!
.
====================================
END
.


Baca Review lainnya disini >>> disini

Sumber : OPFCI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar