Selasa, 12 Februari 2019

TheoReview One Piece - Chapter 931 & 932

= Review One Piece 931 & 932 by DoFu =




Garchu~
Well, mungkin sebagian kalian yang terbiasa membaca artikel di page OPFCI akan bingung ketika melihat judulnya. Yap, kali ini min DoFu
yang tampan sekaligus cantic ini akan menyampaikan cuap-cuapnya bersamaan dengan review!
Loh, kok bukan admin Lempok? Bukan Calgara juga? Lady Viola ke mana? Hehe, tenang saja. Mereka masih ada, hanya saja sedang disibukkan oleh dunia nyata.
Tapi berhubung min DoFu akan membahas dua chapter sekaligus, mimin bakal membahasnya dengan cukup singkat saja berdasarkan pendapat mimin. Ok?
Kalau begitu langsung saja ke inti pembahasan~~
= O-Soba Mask =
Ya, akhirnya Sanji mendapatkan kekuatan yang selama ini ia impi-impikan: menjadi tidak terlihat!
Sekilas kekuatan Raid Suit yang didapatkan oleh Sanji ini menarik. Selain membuatnya jadi tak terlihat, dia juga memiliki ketangguhan yang tinggi. Bahkan meski ia dilontarkan sejauh itu oleh Page One, Sanji tidak terlalu kesakitan. Selain itu Raid Suit Sanji juga memberikannya akselerasi di sepatu yang sekaligus sanggup membuatnya melayang.
Sayangnya, mimin merasa kekuatan menghilang yang dimiliki Suke Suke itu lebih efektif. Law mengatakan di chapter 931 kemarin kalau pada dasarnya kostum Sanji hanya membuatnya menampilkan gambar latar belakang di kostumnya, mirip bunglon. Jadi pada dasarnya dia hanya berubah warna dan bukannya tidak terlihat.
Bedanya dengan Absalom, kalian mungkin ada yang ingat kalau Absalom pernah menyelinap untuk menyelamatkan Gekko Moriah dari Doflamingo. Doflamingo di sana berkomentar kalau Moriah tiba-tiba lenyap, dan Oda sendiri juga mengonfirmasi di SBS Volume 71 kalau Absalom yang pergi menyelamatkan Moriah di sana.
Doflamingo saat itu sedang bertarung dengan Gekko Moriah yang meski lebih lemah dari dia, tapi Moriah tetaplah seorang Shichibukai. Tak mungkin Dofla tidak menggunakan Kenbun Haki di sana, jadi aneh kalau dia tidak menyadari keberadaan Absalom kecuali satu alasan: Suke Suke juga mampu menghilangkan hawa keberadaannya sampai tidak terdeteksi oleh Kenbun Haki.
Artinya, sangat mungkin kekuatan Suke Suke ini tidak hanya bisa melenyapkan diri dari mata tapi juga dari Haki. Kalau begitu, seharusnya kekuatan menghilang Suke-Suke no Mi lebih kuat daripada Raid Suit Sanji karena kostum Sanji itu pada dasarnya hanya mengubah warna kostum.
Tapi Sanji tanpa kekuatan itu sudah cukup kuat, jadi mimin yakin Sanji tetap akan bisa mengint- eh, membantu krunya yang kesulitan dengan Raid Suit dari Germa ini!
= Big Mom Hilang Ingatan =
Kalau kalian merasa konsep amnesia yang dimunculkan Oda di sini terasa dipaksakan, ya sama, saya juga XD
Bagaimanapun, Big Mom adalah ancaman yang sangat besar bagi Luffy. Mengalihkan dia dari arena pertarungan biarpun hanya sesaat adalah pilihan bijak, tapi mimin kurang puas dengan cara Oda melakukan itu. Tapi sebelum judge lebih jauh, kita lihat saja apa yang akan disajikan Oda nantinya. Yang jelas, mimin masih berharap Oda punya rencana yang besar untuk Big Mom di sini.
Sekarang coba kita bahas apa yang mungkin terjadi kalau Big Mom hilang ingatan.
Jelas, Chopper dengan naluri dokternya bakal mencoba untuk merawat Big Mom dan mendiagnosanya. Jika ada tanda-tanda benturan atau semacamnya di luar, maka bisa jadi ketika tenggelam Big Mom terbentur sesuatu sampai membuatnya hilang ingatan. Sayangnya kalau Chopper tidak menemukan tanda-tanda benturan dari luar artinya ada kemungkinan Pudding yang menghilangkan ingatan Big Mom, meski mimin agak meragukan kemungkinan itu.
Anggaplah memang ada benturan di kepala Big Mom yang membuatnya hilang ingatan, tapi kenapa Napoleon juga tampak linglung? Napoleon adalah Homies yang dibuat dari ruh Big Mom sendiri, tapi seharusnya mereka tidak terpengaruh dengan kondisi Big Mom. Apakah Napoleon linglung sekedar karena dia baru sadar ataukah dia juga hilang ingatan?
Ketika Big Mom sedang mengamuk akibat kelaparan, Napoleon, Zeus, dan Prometheus tidak ditampakkan mengamuk juga. Jadi seharusnya ingatan dan kesadaran para Homies tidak terpengaruh dengan kondisi Big Mom. Tapi bisa jadi juga masalah ingatan adalah hal yang berbeda dengan kesadaran.
Well, mungkin kita nanti akan melihat lebih jauh soal ini kalau Nami berinteraksi dengan Zeus, tapi untuk saat ini kita hanya bisa menerka-nerka saja XD
= Topeng Komurasaki =
Di titik ini rasanya tak banyak yang bakal menentang pendapat kalau Komurasaki sebenarnya adalah Hiyori, adik Momonosuke. Di chapter 932 juga ada beberapa petunjuk soal itu.
Pertama, ketika Shogun Orochi membahas soal mayat Momonosuke, Komurasaki tampak memikirkan sesuatu. Kedua, Komurasaki sempat mengatakan kalau dia adalah anak seorang samurai. Dari keteguhan hatinya itu juga seakan mengatakan kalau ayahnya bukan samurai sembarangan. Siapa lagi yang tidak berpikir kea rah Kozuki Oden, Samurai sekaligus mantan Daimyo yang sudah meninggal?
Ketiga soal topeng Komurasaki. Dikatakan kalau Komurasaki selalu mengenakan topeng ketika memainkan “lagu itu”. Karena ini di komik, pastinya kita tidak bisa tahu lagu seperti apa yang dimainkan oleh Komurasaki, tapi mungkin Komurasaki memakai topeng itu untuk menyembunyikan ekspresinya.
Ingat, Komurasaki adalah wanita yang mampu bermain ekspresi. Dia sudah terbiasa memasang muka manja demi menyenangkan orang-orang yang bahkan mungkin dibenci olehnya. Jadi kalau dia harus memasang topeng, artinya lagu ini memiliki kesan yang mendalam sampai-sampai Komurasaki tak sanggup menyembunyikan ekspresinya ketika memainkan lagu itu.
Apakah Komurasaki bersedih karena lagu itu mengingatkannya pada masa lalu? Bisa jadi.
= Detail Lainnya =
Ada beberapa detil yang menarik di chapter 931 dan 932 yang mungkin bisa dibahas masing-masing tapi tidak layak mendapatkan judul topik sendiri, jadi mimin rangkum di sini.
- Interesting fact, Brook akhirnya diajak untuk ikut di sini. Sebelum ini dia dikatakan bertugas untuk mengumpulkan makanan. Caranya bagaimana? Sepertinya Brook menakut-nakuti orang di ibukota yang membawa makanan untuk kemudian mencurinya ketika orang-orang itu kabur ketakutan melihat wujudnya yang hanya tengkorak.
- Law, Usopp, dan Franky sedang menuju Kota Ebisu. Artinya mereka bakalan ketemu Zoro. Sanji masih di ibukota melawan Page One, jadi mungkin Oda memang sengaja tidak mempertemukan mereka dulu. Mungkin mereka bakal bertemu lagi ketika Zoro udah naik Bounty supaya Sanji tidak sempat pamer bounty yang lebih besar 10jt Belly dibanding Zoro XD
- 11 Oniwabanshu yang diperkenalkan di Chapter 931 itu berdasarkan kelompok Oniwaban yang ada di dunia nyata. Mereka juga mengabdi pada Shogun di Jepang jaman dulu, tepatnya kepada Tokugawa Yoshimune pada abad 18. Kelompok Oniwaban berisi Onmitsu, mata-mata pemerintah yang kabarnya sebagian besar mereka adalah ninja. Referensinya bisa dilihat di sini (https://en.wikipedia.org/wiki/Oniwaban)
- Robin mengaku sebagai Witching Hour Boy adalah tindakan cerdas karena keterkaitan Robin dengan kelompok Luffy+Kozuki tidak akan dicurigai. Fukurokuju juga memuji tindakan Robin karena meski dia tidak tahu dalang di balik itu, dia paham kalau mengaku sebagai Witching Hour Boy bisa menyembunyikan niat aslinya berada di situ.
- Momonosuke berubah jadi naga setiap kali dia ketakutan, dan kali ini dia berubah lagi jadi naga ketika melihat Big Mom XD
- Kyoshiro tampak bersiap mencabut pedang di akhir chapter, jadi ada kemungkinan dia berniat menghentikan Orochi karena cintanya pada Komurasaki.
- Orochi kemungkinan adalah pengguna Buah Iblis yang setipe dengan Kaido, tapi beda model. Orochi mungkin adalah pengguna Mythical Zoan Yamata no Orochi (https://en.wikipedia.org/wiki/Yamata_no_Orochi) yang disebut-sebut sebagai ular berkepala delapan. Di luar kepala Orochi yang memiliki kuncir rambut ala samurai di belakangnya, masing-masing kepala memiliki ekspresi yang berbeda, jadi ada kemungkinan setiap kepala memiliki kesadarannya sendiri.
=========================
Mungkin sampai di sini dulu dari mimin DoFu yang tampan sekaligus cantik ini. Sebelum mimin tutup, kira-kira kalau Sanji dengan Raid Suit dan Shiliew bertarung kira-kira siapa yang akan menang? Sampai kiamat pun mimin tidak yakin bisa melihat siapa pemenangnya.
Oke sekian, maaf, dan terima kasih. Selamat berakhir pekan~~~
Garchu~~~
= DoFu =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar